Subscribe:

Kamis, 29 Maret 2012

awas!!!MENINGGAL SAAT TIDUR LELAP

Tidur merupakan kenikmatan yang tiada tara. konon merupakan sedikit kenimatan dari surga. akan tetapi banyak orang mengalami kejadian tidak menyenangkan pada tengah malam. Beberapa mengalami tindihan (sleep paralysis), sebagian mengalami mimpi buruk, dan yang lain mengalami keduanya. Tetapi, setiap orang yang mengalami mimpi buruk selalu terbangun dan dalam keadaan dan baik-baik saja... atau memangkah demikian?

Boleh percaya boleh tidak, terdapat laporan yang menyatakan bahwa ada orang -orang yang meninggal dalam tidur tidak lama setelah mereka mengklaim mengalami mimpi buruk sebelumnya. mungkin inilah yang mengilhami sebuah film yang mungkin sebagian besar dari kita pernah menonton yaitu yang berjudul  Nightmare on Elm Street. sang kreator mendapat ide tersebut setelah membaca serangkaian kematian yang terjadi di Asia Tenggara. Ada beberapa keadaan yang dipercaya menyebabkan kematian pada seseorang ketika mereka tidur atau dalam keadaan rileks, maskipun penyebab pastinya belum diketahui.
Salah satu kondisi tidur yang familiar diketahui orang adalah sleep apnea. Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan seseorang meninggal dalam tidur mereka. Penyebabnya adalah penurunan kadar oksigen. Tubuh merespon dengan mengirimkan sinyal darurat. Biasanya penderita akan terbangun dalam keadaan "flight or fight" ketika ini terjadi. Sleep apnea bisa menjadi pengalaman yang sangat menakutkan. Kadang kematian tidak terjadi selama tidur, tapi merupakan akibat dari kurang tidur. Banyak orang, antara 20 sampai 30 mati karena serangan jantung akibat sleep apnea dan dampaknya.

Semenakutkan kedengarannya, yang ini bukan hanya kelainan tidur yang menyebabkan kematian. Ada sebuah kondisi yang tidak banyak diketahui disebut sindrom brugada. Sindrom ini terjadi pada banyak orang di Asia, terutama pria. Hal ini bisa disebabkan gangguan pada ritme jantung, yang menimbulkan kejang dan kesulitan bernafas. Jika ini terjadi pada seseorang yang sedang tidur, dia bisa saja meninggal.
Serangan jantung ditengarai sebagai penyebab sindrom kematian mendadak saat tidur. Namun jika ini dapat menjelaskan penyebab fisik individu yang meninggal saat tidur, darimana laporan adanya mimpi buruk berasal? Kenapa sebagian diduga mengklaim menderita mimpi buruk sebelum akhirnya diambil kematian? Mungkinkah  kecemasan menyebabkan hal tersebut? Mungkinkah kecemasan yang disebabkan pikiran bawah sadar menghasilkan gambar menakutkan dan mimpi buruk?
Menakutkan untuk berpikir bahwa hal supranatural juga terlibat, karena tak seorangpun ingin terjebak dalam mimpi buruk selamanya. Tak ada yang ingin membeyangkan Freddy Krueger dan sejenisnya mengejar disekitar kita. Namun penelitian ilmiah sedang dilakukan sekarang, semoga jawabannya akan segera muncul.

Jadi, berhati-hatilah jika anda sering bermimpi buruk.... alam misteri dibawah sadar kita sangat luas. Siapa tahu Freddy Krueger menunggu anda?

1 komentar:

akungibnu mengatakan...

Menurut Teori Paralogika, mimpi merupakan fenomena bawah sadar yang tak terkendali oleh otak dalam kondisi sadar. Orang yang bermimpi buruk justru berusaha untuk bangun, sebaliknya yang bermimpi indah justru ogah bangun.
Nah secara logika: mereka yang ogah bangun dapat kebablasan......... untuk tidak bangun selamanya.

Posting Komentar

coretan......