Subscribe:

Jumat, 23 Desember 2011

EKSPERIMEN SEDERHANA FISIKA


YUK BELAJAR SAMBIL BERMAIN...............

belajar fisika sambil bermain, apa bisa? pasti bisa lah (percobaan sederhana), fisika akan lebih menarik dan mudah untuk dipelajari. Guru disebut berhasil mengajar apabila murid-muridnya senang belajar. Kesenangan belajar akan diperoleh jika proses belajar tersebut menghadirkan suasana yang membuat siswa ikhlas untuk belajar,bahkan ketagihan untuk terus belajar (he, ad g?). Banyak percobaan sederhana fisika yang akan membuat siswa senang belajar fisika. nih saya coba postingkan satu percobaan yang mudah-mudahn bisa meragsang minat pelajar untuk belajar fisika.

Siapkan alat dan bahan berikut ini:

1. Lilin
2. Gelas kaca transparan
3. Piring
4. Air
5. Pewarna makanan
6. Korek api
Setelah semua alat dan bahan disiapkan, sekarang ayo kita kemon.......
1.Tuangkan air ke dalam piring, kemudian teteskan pewarna makanan ke dalam air tersebut sambil diaduk.
2. Nyalakan lilin dan letakan di atas piring
3. Ambil gelas dan tutup lilin tersebut.
4. Amati apa yang terjadi

Setelah beberapa saat ternyata lilin padam, kemudian air yang ada di dalam gelas bertambah tinggi. Mengapa hal ini terjadi???

Bingung…….?? Ini nyata atau hanya ilusi mata??? Tidak… ini memang nyata bukan sulap atau tipuan mata, semua orang bisa melakukannya. Berikut penjelasan fenomena ini. Semoga penjelasan yang saya paparkan tidak bertentangan dengan konsepsi ilmuwan.
Lilin padam karena oksigen yang ada di dalam gelas tidak cukup lagi untuk “membantu” proses pembakaran (ingat oksigen diperlukan pada saat proses pembakaran). Oksigen (molekul) yang berkurang menyebabkan tekanan yang ada di dalam gelas juga berkurang, akibatnya terjadi perbedaan tekanan di dalam dengan di luar gelas. Tekanan di luar gelas lebih besar dibandingkan dengan tekanan di dalam gelas, akibatnya air yang berada di luar gelas masuk ke dalam gelas.

3 komentar:

Kuroro Lucifer mengatakan...

nice post :D
more............
http://www.hakim-90eksperimen.com/2012/03/sulap-lilin.html

Anonim mengatakan...

Amati gambar: Permukaan air lebih tinggi dari sumbu lilin. Mungkinkah ini terjadi? Sebelum kekurangan oksigen, lilin sudah padam karena sumbunya tenggelam (dibawah permukaan air).

Anonim mengatakan...

Dalam percobaan Gelang Magnet Som Wyn, satu diantara gelang magnet melayang beberapa cm dari gelang lainnya baik dalam ruang berisi udara maupun di ruang hampa udara dan partikel akibat terjadi keseimbangan antara gaya tolak magnet dengan gaya gravitasi bumi, Apa yang akan terjadi jika percobaan Som Wyn dilakukan di ruang angkasa yang tidak dipengaruhi oleh gaya tarik gravitasi bumi?

Posting Komentar

coretan......