Subscribe:

Sabtu, 12 Juli 2014

BAHAN MOS (1) KARAKTERISTIK PELAJAR INDONESIA

Judul blog saya kali ini emang gak nyambung dengan artikel artikel sebelumnya karena pada postingan kali ini saya akan membahas sebagian dari karakteristik pelajar di indonesia...sebenarnya postingan ini saya buat untuk anak-anak OSIS yang akan memberikan materi dalam rangka MOS hari senin besok...sory ya gan,ane lagi sibuk jadi lewat blog aja, nanti ente pelajari sendiri...gak banyak.cukup dua sifat aja yang saya bahas di sini.

A. PELAJAR YANG SUKSES

Ciri yang dimiliki oleh pelajar yang sukses adalah


1. Optimistik
Pelajar yang cemerlang senantiasa yakin pada potensi diri sendiri untuk boleh menempuh kejayaan dalam pendidikan.

2. Jangan bersikap pesimistik
Pelajar cemerlang tidak bersikap pesimistik yaitu senantiasa putus harapan dan mengalah sebelum mulai berjuang.


3. Kesadaran Memikul Tanggung Jawab
Pelajar yang cemerlang mempunyai kesadaran dan kesediaan untuk memikul tanggung jawab sebagai seorang pelajar yang menjadi harapan agama, bangsa, negara, keluarga dan masyarakat pada masa akan datang.

4. Tumpuan sepenuh hati
Pelajar yang cemerlang memberikan tumpuan sepenuhnya kepada pelajaran semasa mengikuti pelajaran guru di kelas.

5. Selalu melakukan persiapan

Pelajar yang cemerlang senantiasa bersiap sedia untuk menghadapi segala bentuk ujian atau yang diadakan oleh pihak sekolah atau negara.

6. Tepati waktu belajar
Pelajar yang cemerlang menepati waktu belajar yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah seperti datang ke sekolah dalam waktu yang ditetapkan dan pulang sesuai jadwal.

7. Hormati orang tua dan guru

Pelajar yang cemerlang senantiasa menghormati orang tua dirumah dan guru di dalam kelas atau sewaktu berada di luar kelas.

8. Laksanakan tugas yang diberi
Pelajar yang cemerlang menyiapkan tugas yang diberi oleh guru baik itu di kelas atau kerja rumah.

9. Cinta perpustakaan
Pelajar yang cemerlang menjadikan perpustakaan sekolah dan perpustakaan lain sebagai gedung ilmu pengetahuan untuk dikunjungi dan mendapatkan buku-buku untuk dipinjam. Perpustakaan adalah gedung ilmu. Perpustakaan juga adalah tempat yang sangat sesuai untuk Anda menelaah pelajaran.

10. Sanggup membawa diri
Pelajar yang cemerlang menjaga keselamatan diri dengan menghindari bentuk bahaya yang dapat mengancam tubuh pelajar dan masa depan. Misalnya : Perkelahian, Narkoba, Free Sex, dll.

11. Menjaga kesehatan tubuh
Pelajar yang cemerlang menjaga kesehatan tubuh badan dengan cara memakan makanan yang bergizi.

12. Mengerjakan Sholat
Pelajar yang cemerlang menjaga sholatnya. Bagi pelajar Islam, tunaikan sholat lima waktu seperti yang telah disyariatkan agama. Bagi pelajar non islam yang lain, lakukan amalan ibadah agama masing-masing.

13. Doa
Pelajar yang cemerlang senantiasa berdoa dan mengharapkan pertolongan Tuhan YME.

14. Tawakkal

Pelajar yang cemerlang berserah diri kepada Tuhan dan tidak pernah putus asa jika gagal.
Nah, itulah ciri-ciri pelajar sukses dan cemerlang. Apakah Anda termasuk di dalamnya? =)

B. SISWA CERDAS BERFIKIR ILMIAH

Memiliki ciri sebagai berikut

1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan belajar yang besar

Biasanya rasa ingin tahu mereka sangan tinggi, contoh jika ada gejala alam, atau bencana, dll. yg ada di sekelilingnya. saya akan ambil contoh sbb
 "di sekolah seorang guru mengajarkan bahwa musim hujan itu dr bulan september sampai maret, dan setelah musim hujan akan datang musim kemarau dr bulan april sampai agustus." nah jika anak cerdas akan bertanya ini dan itu, misalnya beberapa pertanyaan: mengapa bulan segitu terjadi hujan ? ketika di tempat kita hujan apakah di tempat lain juga hujan ? dlll

2. Jujur
Seorang Anak yang pintar dan cerdas juga senantiasa bersikao jujur, baik itu dalam mengerjakan tugas dan di beri amanat. bahkan ciri-ciri anak yang cerdas itu tidak suka mencontek dan tidak berkata bohong dalam kehidupan sehari-harinya, baik di sekolah ataupun keluarga.

3. Terbuka
Mereka para anak didik yang mempunyai ciri anak calon ilmuan selalu terbuka, mereka selalu memamerkan penemuan barunya, ya meskipun kita menganggapnya itu hal biasa, tp tidak dengan anak-anak, makanya kita sebagai orang tua harus memberikan reward atau pengharagan, minimal pujian agar itu menjadi motiivasi buat anak-anak kita.

4. Optimis
Tidak cepat lelah, tidak cepat bosan, bahkan mereka mempunyai jiwa kreatif dan optimis dalam setiap bermainnya. seorang murid siswa atau anak didik yang di berikan tugas oleh gurunya akan selalu mencoba lagi ketika PR'a atau tugasnya itu salah, bukannya mengeluh dan bilang "Susah bu, capek bu," dll...

5. Toleran
Siswa yang sudah berhasil dalam mengerjakan tugasnya tidak akan somobong dan angkuh, bahkan mereka senantiasa akan membantu temannya untuk mengerjakan tugas, ini adalah satu sifat yang sangat baik di miliki oleh orang yg cerdas, agar mereka nantinya selalu mengayomi dan akan jadi guru teladan. intinya tidak akan mencemooh teman-teman mereka yang bodoh.

6. Pemberani
Tidak pemalu, tidak takut dan tidak gugup jika mereka di suruh kedepan untuk mengerjakan soal di papan tulis oleh gurunya, kebanyakan anak didik kita atau siswa murid bahkan mahasiaswa di universitas juga suka merasa malu, minder bahkan guru-guru juga waktu ikut PLPG suka gemetar dengkulnya jika sedang di uji coba, benar gak ??
nah maka itulah kita sebagai orang yang sudah dewasa harus selalu memberikan motivasi dan mengajarkan mereka agar berani tampil dan membuat kagum dan bangga kita semua...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coretan......